cover
Contact Name
Syahid
Contact Email
syahid.lppm@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sosioekons.ips@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Sosio e-kons
ISSN : 20852266     EISSN : 25025449     DOI : -
Sosio e-kons memuat berbagai artikel ilmiah meliputi Ilmu Sosial, Ekonomi, Sejarah dan Bimbingan Konseling. Semoga jurnal ilmiah ini memberikan kontribusi dalam diseminasi keilmuan Ilmu Sosial, Ekonomi, Sejarah dan Bimbingan dan Konseling sehingga memberikan manfaat teoritis bagi ilmuan dan manfaat praktis bagi kalangan akademisi
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2017): Sosio e-Kons" : 10 Documents clear
Analisis Perbandingan Hedging, Forward Contract dengan Option Contract untuk Meminimalisasi Kerugian Selisih Kurs Valas dalam Pembayaran Hutang Import Zeinora Zeinora; Arif Sasmoko
Sosio e-Kons Vol 9, No 2 (2017): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.798 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v9i2.1941

Abstract

ABSTRACTInvestment activities in Indonesia have an impact on domestic market foreign exchange activity which can affect the fluctuation of the exchange rate. In order to support the stability of the rupiah and as a prudent step in ensuring the integrity and stability of financial corporation system have needs necessary steps to reduce pressure on the rupiah. Exchange rate fluctuation may also cause uncertainty in the investment activity so that hedging is a need for investment activity.  Hedging is a management risk technique by using derivatives or other hedging instruments to offset changes in fair value or cash flow changes in assets, liability, and future transactions. And the effect of the hedge accounting is gain or loss on hedging instrument and all item protects recognized in the same period. In this case, the author chooses derivatives instrument currency forward hedging with option contract hedging. This research aims to find the hedging method which reviews the lower debt payment among forwarding contract with option contract hedging. This study through literature,  relevant research, and publications related to the topic. The result of the study is expected to be a reference for the development of international trade in Indonesia.Keywords: Hedging, currency forward contract, and options contract. ABSTRAKKegiatan investasi di Indonesia berdampak pada kegiatan pasar valas domestik yang dapat mempengaruhi fluktuasi nilai tukar rupiah. Dalam rangka mendukung stabilitas nilai tukar rupiah dan sebagai langkah kehati-hatian dalam menjamin integritas dan stabilitas sistem keuangan perusahaan diperlukan langkah-langkah untuk mengurangi tekanan terhadap nilai tukar rupiah. Fluktuasi nilai tukar rupiah juga dapat menyebabkan ketidakpastian dalam kegiatan investasi, sehingga lindung nilai merupakan kebutuhan bagi kegiatan investasi. Lindung Nilai (Hedging) adalah teknik manajemen risiko dengan menggunakan derivatif atau instrumen hedging lainnya untuk mengkompensasi (offset) perubahan nilai wajar atau perubahan arus kas terkait asset, kewajiban, dan transaksi-transaksi di masa depan. Pengaruh hedge accounting adalah, keuntungan atau kerugian atas instrumen hedging dan item-item yang dilindunginya diakui dalam periode yang sama. Dalam hal ini penulis memilih instrument derivative currency forward hedging dengan option contract hedging. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode hedging yang mengkaji pembayaran hutang yang lebih rendah antara penggunaan  forward contract  dengan  option contract  hedging. Kajian ini dilakukan melalui studi pustaka dengan membahas literature dan penelitian yang relevan serta publikasi yang terkait dengan topic makalah. Hasil kajian diharapkan dapat menjadi referensi bagi perkembangan perdagangan internasional di Indonesia. Kata Kunci: Hedging, currency forward contract dan option
Pengaruh Budaya Organisasi dan Besarnya Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Rumah Sakit Nurdin Nurdin
Sosio e-Kons Vol 9, No 2 (2017): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.58 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v9i2.1946

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the influence of the organization's culture and the amount of compensation to employees satisfaction. The study population was employees of numbered 50 people. 30 samples are taken randomly. Cultural organizations give significant influence on employees job satisfaction. The data processing value t = 4.271>  5% = 2,045.at table value at  The amount of compensation gives significant influence on employees job satisfaction. Data processing results obtained by value t = 5.143>  5% = 2,045.at table value at  Organizations culture and magnitude of compensation together give a significant effect on employees job satisfaction. The data processing coefficient of determination (R2) of 87.2% means that increase employees job satisfaction is influenced by the culture of the organizations and the amount of compensation, while the remaining 12.8% (100% - 87,%) affected by other factors that were not analyzed.Keywords: Culture, compensation, job satisfactionABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi  dan  besarnya kompensasi  terhadap kepuasan kerja karyawan. Populasi penelitian adalah  karyawan berjumlah 50 orang. Sampel penelitian  sebanyak 30 orang   diambil secara acak. Budaya organisasi   memberi  pengaruh yang signifikan  terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil pengolahan data nilai thitung = 4,271 > nilai ttabel  pada a 5 % = 2,045. Besarnya kompensasi  memberi  pengaruh yang signifikan  terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung  = 5,143 > nilai ttabel pada a 5 % = 2,045. Budaya organisasi dan besarnya kompensasi secara bersama-sama memberi  pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil pengolahan data nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 87,2% artinya  peningkatan kepuasan kerja karyawan dipengaruhi oleh budaya organisasi   dan besarnya kompensasi, sedangkan sisanya 12,8%  (100% - 87,%) dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dianalisis.Kata Kunci : Budaya, kompensasi, kepuasan kerja
Analisis Penawaran dan Permintaan Kayu Bulat untuk Pemenuhan Kebutuhan Industri Kayu Lapis, Kayu Gergaji dan Pulp di Indonesia Erwinsyah Erwinsyah; Harianto Harianto; Bonar M. Sinaga; Bintang C.H. Simangunsong
Sosio e-Kons Vol 9, No 2 (2017): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.48 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v9i2.1942

Abstract

ABSTRACT In the last three decades the forestry sector has been given an important contribution to the economy of Indonesia, and during the period year 1993-2005, it contributed from 1.7 to 3.1 percent. To maintain this contribution, it is needed to have a continuation raw material input, Roundwood. Some studies showed that the supply of raw material for wood-based primary industries such as plywood, sawn timber, and pulp in Indonesia are still continuing. Therefore it needs to know the characteristic supply and demand of the wood-based industry by predicting the elasticity. This paper will discuss elasticity supply and demand of the input market of Roundwood from natural and plantation forests and output market of plywood, sawn timber and pulp. Data used for this study is time series, from the year 1995 until the year 2009. The estimation of the econometric model used in this study was simultaneous (2SLS) equation or ordinary least squares (OLS) if the 2SLS model is not working. Data processed by the Rats processing program. All predicted parameter then evaluated and checked in accordance with the economic theory. However, not all predicted elasticity resulted from this study were used. For those could not use that data taken from references. Demand elasticity of Roundwood from natural forests and plantation forests are mostly priced inelastic.Keywords: wood-based industry, supply, demand, estimation of econometric models, elasticity.  ABSTRAK Dalam tiga dekade terakhir sektor kehutanan telah memberikan kontribusi penting bagi perekonomian Indonesia, dan selama rentang waktu tahun 1993-2005, memberikan kontribusi 1.7 sampai 3.1 persen. Untuk mempertahankan nilai ini, diperlukan keberlanjutan penyediaan kebutuhan bahan baku, kayu bulat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan bahan baku bagi industri primer berbasis kayu seperti kayu lapis, kayu gergaji dan pulp di Indonesia masih berjalan. Oleh karena itu perlu untuk diketahui kharakteristik penawaran dan permintaan industri primer berbasis kayu melalui nilai penduga elastisitasnya. Penelitian ini akan membahas mengenai elastisitas penawaran dan elastisitas permintaan pasar input kayu bulat yang berasal dari hutan alam dan hutan tanaman, dan pasar output kayu lapis, kayu gergaji dan pulp. Data yang digunakan dalam rentang tahun 1995 sampai dengan tahun 2009. Model dugaan ekonometrik yang digunakan dalam penelitian ini adalah persamaan simultan (2SLS) atau ordinary least squares (OLS) apabila 2SLS tidak dapat digunakan. Pengolahan data menggunakan program RATS. Keseluruhan nilai parameter dugaan selanjutnya dievaluasi dan diperiksa berdasarkan teori ekonomi. Namun demikian, tidak semua nilai dugaan elastisitas yang dihasilkan dalam penelitian ini digunakan. Nilai yang tidak dapat digunakan kemudian dicari nilai penggantinya yang diperoleh dari berbagai referensi. Elastisitas permintaan permintaaan kayu bulat yang berasal dari hutan alam dan hutan tanaman adalah inelastis.Kata kunci: industri berbasis kayu, penawaran, permintaan, model dugaan ekonometrik, elastisitas
Pengurangan Biaya Penyimpanan (Carrying Cost) Limbah dengan Cara Pemanfaatan Limbah Ampas Ekstrak Jamu menjadi Pupuk Organik Rimsa Rusmilan; Muhammad Fidiandri Putra
Sosio e-Kons Vol 9, No 2 (2017): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.752 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v9i2.1947

Abstract

ABSTRACT The main purpose of the research of the utilization of herbal extract waste into organic fertilizer is to reduce the storage cost of waste products accumulated without being utilized. Because scientific research has not been done especially in PT Mustika Ratu Tbk., the waste of herbal extracts waste is only thrown away, and only 10% for internal needs. The results of dregs about 300 kg/day, then this study wanted to prove whether the processed dregs of herbs can fertilize the soil or not. The second goal is that this waste can be converted into added value for the company that is the coaching program, the training of how to make fertilizer in the hope that can be utilized by the people surround PT Mustika Ratu like Ciracas, Cibubur and Cipayung, and the east Jakarta Government Park. The long-term goal is how the company and the society are interested to utilize a waste extract of herbal medicine into high economic value and reduce the impact of waste on society and the environment.Keyword: herbal extracts waste, inventory cost, empowerment ABSTRAK Tujuan utama dari penelitian pemanfaatan limbah ekstrak jamu menjadi pupuk organik adalah mengurangi biaya penyimpanan produk limbah yang terakumulasi tanpa dimanfaatkan. Oleh karena belum dilakukan penelitian secara ilmiah terutama di PT. Mustika Ratu, limbah ampas ekstrak jamu hanya dibuang percuma, dan hanya 10% untuk kebutuhan internal. Dari hasil ampas sekitar 300 kg/hari, peneliti ingin membuktikan dengan proses pengolahan lebih lanjut ampas jamu  dapat  menyuburkan tanah atau tidak. Tujuan kedua adalah limbah ini diharapkan bisa diubah menjadi suatu yang mempunyai nilai tambah bagi perusahaan, yaitu sebagai program pembinaan ,pembekalan, pelatihan pembuatan pupuk, dengan harapan bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar Ciracas, Cibubur dan Cipayung serta taman pemerintah DKI Jakarta timur. Adapun tujuan jangka panjangnya adalah bagaimana pengusaha dan masyarakat tertarik untuk memanfaatkan limbah ampas ekstrak jamu menjadi nilai ekonomis yang tinggi serta mengurangi dampak limbah terhadap masyarakat dan lingkunganKata Kunci : Ampas ekstrak jamu, biaya penyimpanan, pemberdayaan
Pengaruh Lokasi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Agus Jamaludin
Sosio e-Kons Vol 9, No 2 (2017): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.647 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v9i2.1943

Abstract

ABSTRACTThis study aims to find out how the influence of location and service on student satisfaction at STMIK Pranata Indonesia. Basic theories used according to Swastha, location is the place where a business or business activity is carried out, while Loina (2001,138): Service is an overall process from the formation of a corporate image through news media, forming a corporate culture internally, and communicating about the company's views to government leaders and other interested public. The research method used by Field Research (field survey) by distributing questionnaires to students as many as 30 people. Apparently a magnitude - 87.7, b2 = 1.5, and b3 = 2.1, F count = 17.87, F table ( 0.05, 2, 27) = 3.58 then F = 17.87> 3.58, then the regression equation is X1 = - 87.7 + 1.5 X2 + 2.1 X3, meaningfully or significantly can be used to predict multiple regression, the population studied. r2 (3) = 0.97, Sb2 = 106.1, Sb3 = 145.87, t calculate the normal distribution of campus locations with t count service to students namely 0.01, 0.01 <1,314, t count <t table which means there is no influence of location and service on customer satisfaction.Keywords: Location and service to student satisfaction. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa di STMIK Pranata Indonesia .Dasar teori yang diapakai menurut Swastha, lokasi adalah tempat dimana suatu usaha atau aktivitas usaha dilakukan,sedangkan Loina(2001,138): Pelayanan merupakan suatu proses secara keseluruhan dari pembentukan citra perusahaan baik melalui media berita ,membentuk budaya perusahaan secara internal, maupun melakukan komunikasi tentang pandangan perusahaan kepada pemimpin pemerintahan serta publik lainnya yang berkepentingan. Metode penelitian yang digunakan Field reserch(survey lapangan) dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa sebanyak 30 orang.Ternyata a besarnya – 87,7, b2 = 1,5, dan b3=2,1, F hitung= 17,87,F tabel (0,05, 2,  27) =3,58 maka F= 17,87 > 3,58, maka persamaan regresinya yaitu X1= - 87,7 + 1,5 X2 + 2,1 X3,  secara berarti atau signifikan dapat digunakan untuk meramal regresi multiple,populasi yang diteliti. r2(3)=0,97, Sb2 =106,1,  Sb3 = 145,87,  t hitung distribusi normal lokasi kampus sama dengan t hitung pelayanan terhadap mahasiswa yaitu 0,01,  0,01 < 1,314, t hitung < t tabel yang berarti tidak ada pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.Kata kunci : Lokasi dan pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa.
Wanita Kawin Memilih Terpisah (MT) dalam Status Perpajakan di Indonesia Rudeva Juniawaty
Sosio e-Kons Vol 9, No 2 (2017): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.67 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v9i2.1948

Abstract

ABSTRACTCan’t be denied that tax is the biggest revenue source one for the state used to execute routine tasks and development. Without the tax, most of the activities of the state will be difficult to implement properly. The biggest tax revenue comes from income taxes and income taxes directly related to an individual taxpayer both employee and nonemployee are tax income article 21. One subject from the income taxes article 21 is an individual taxpayer woman. When a single woman work, usually the company where the woman works will make taxpayer identification number or the woman made by herself because she wanted to implement properly her taxation obligations. But there will be different rules when a woman has been married. By the rules a married woman who does not live alone or do not have separate property agreement, rights and obligations of taxation combined with tax obligations of her husband. Although at practice, there are many married women who do not have a separate property agreement but implement their own taxation obligations. Through this article, the author would like to explain the tax rules that apply to a married woman and the impact if a married woman who has a taxpayer identification number which differs from her husband and implements rights and obligation as a taxpayer herself.Keywords: Tax Income Article 21, Individual Taxpayer Woman, Choose SeparateABSTRAKTidak dapat dipungkiri bahwa pajak merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar bagi negara yang digunakan untuk menjalankan tugas rutin dan pembangunan. Tanpa pajak, sebagian besar kegiatan negara akan sulit untuk dapat dilaksanakan dengan baik. Penerimaan pajak yang terbesar salah satunya adalah Pajak Penghasilan (PPh) dan PPh yang berkaitan langsung dengan WPOP baik karyawan maupun nonkaryawan adalah PPh Pasal 21. Salah satu subjek dari PPh Pasal 21 adalah WPOP wanita. Pada saat seorang wanita belum menikah (TK) bekerja, biasanya perusahaan tempat wanita tersebut bekerja akan membuatkan NPWP atau wanita tersebut membuat NPWP sendiri karena ingin melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik. Namun akan menjadi berbeda aturan ketika seorang wanita telah berstatus kawin. Secara aturan wanita kawin yang tidak hidup terpisah atau tidak melakukan perjanjian pisah harta, hak dan kewajiban perpajakannya digabungkan dengan kewajiban perpajakan suaminya. Walaupun pada praktiknya, masih terdapat banyak wanita kawin yang tidak memiliki perjanjian pisah harta, namun melaksanakan kewajiban perpajakannya sendiri. Melalui artikel ini, Penulis ingin memaparkan aturan perpajakan yang berlaku bagi wanita kawin dan dampaknya jika wanita kawin tersebut memiliki NPWP yang berbeda dengan suami dan menjalankan hak dan kewajiban perpajakannya sendiri (MT).Keywords : PPh 21, WPOP Wanita, MT (Memilih Terpisah)
Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Bauran Pemasaran pada Keputusan Pembelian Handphond Android Didi Zainuddin
Sosio e-Kons Vol 9, No 2 (2017): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.811 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v9i2.1939

Abstract

ABSTRACT The objective of this research is to investigate the effect of brand experience on Brand Relationship Quality on Brand Loyalty, and the influence of Brand Loyalty to Word of Mouth. 169 samples were collected from the respondents. After excluding samples containing missing data, we used 110 samples. In the final sample of 110 respondents, 65.5% were male, and 52.7% were between 21 and 23 years old. Data analysis in this study using Structural Equation Model (SEM) to test independent variables that affect the dependent variable. And to measure the validity of research variables using SPSS software version 17.0 The results of this study conclude that the influence of Brand Experience positively and significantly to Word of Mouth mediated by Brand Relationship Quality and Brand Loyalty.Keywords: Brand Experience, Word of Mouth, Brand Relationship Quality, Brand LoyaltyABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman merek terhadap Brand Relationship Quality terhadap Brand Loyalty, dan pengaruh Brand Loyalty terhadap Word of Mouth.169 sampel dikumpulkan dari responden. Setelah mengecualikan sampel yang berisi data yang hilang, kami menggunakan 110 sampel. Pada sampel akhir dari 110 responden, 65,5% adalah laki-laki, dan 52,7% berusia antara 21 dan 23 tahun. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) untuk menguji variabel bebas yang mempengaruhi variabel dependen. Dan untuk mengukur validitas variabel penelitian menggunakan software SPSS versi 17.0 Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengaruh Brand Experience secara positif dan signifikan terhadap Word of Mouth dimediasi oleh Brand Relationship Quality dan Brand Loyalty.Kata kunci: Brand Experience, Word of Mouth, Brand Relationship Quality, Brand Loyalty 
Strategi Pengendalian Biaya dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Departemen Makanan dan Minuman (Food & Beverage Department) Kapidin Kapidin
Sosio e-Kons Vol 9, No 2 (2017): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.753 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v9i2.1944

Abstract

ABSTRACTThe strategy of cost control specifically for food and beverage cost is to improve the productivity of operations Food and Beverage Department of Nikko Hotel Jakarta. Food and Beverage Department is one of the major Department in the hotel, where preparation for operational is deemed as important in order to achieve the goal of hotel management to the strategy of cost control. The implementation of strategy covers all source of Food and Beverage cost in the Food and Beverage section, such as the kitchen section for food production, and bar section for beverage production. The result of strategic implementation comes from how to order food and beverage materials from the storeroom or the direct order to the supplier which should be in accordance with daily necessaries. The daily storage should be also aligned with the material classification, which consists of groceries or perishables materials where they are different in characteristics. Manpower of the Food and Beverage Department should be professional, they are required to know how to reduce foods and beverages cost according to the responsibilities in the section. The result of the strategic cost control foods and beverages cost in the Food and Beverage Department  of Nikko Hotel Jakarta are as follows : Food inventory turn over = 0,92 x 30 is 27,6 days, my budget is 30 days, with 2,4 days under the budget, beverages inventory turn over = 1,76 x 30 is 52,8 days, my budget is 60 days, with 7,2 days under the budget, average check per guest in budget is IDR 43.424, the result is IDR 49.637, that over budget is IDR 6.213, food cost percentage 33,9 %, budget is 35 %. Under budget 1,1 %, beverage cost percentage by budget 25 %, the result is 22,44 %, under budget 2,56 %, percentage of labor cost, the budget is 24,0 %, the result is 19,75 %, under budget 4,25 %, department profit percentage is 33,7%, in budget 28,6 %, with 5,1 % over the budgetKeywords: Cost Control Strategy, Food and Beverage Cost, Productivity ABSTRAKStrategi pengendalian biaya, khususnya untuk biaya bahan makanan dan biaya bahan minuman adalah dalam rangka untuk meningkatkan produktivitas dari operasional bagian makanan dan minuman di Hotel Nikko Jakarta. Bagian makanan dan minuman merupakan salah satu dari bagian (departemen) yang besar di hotel, di mana harus mempersiapkan pelayanan kebutuhan makanan dan minuman bagi tamu, dalam rangka untuk pencapaian tujuan manajemen hotel, melalui strategi pengendalian biaya. Dalam penerapan strategi melibatkan seluruh sumber daya yang ada pada bagian makanan dan minuman, seperti seksi dapur untuk produk makanan, dan seksi bar untuk produk minuman. Hasil dari penerapan strategi pengendalian biaya dimulai dari bagaimana pengambilan persediaan bahan dari gudang, atau pemesanan langsung kepada rekanan/pemasok, disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Gudang harian pada operasional juga harus menyesuaikan klasifikasi bahan makanan dan bahan minuman, mana yang termasuk bahan yang tahan lama, dan mana bahan yang mudah rusak, harus disesuaikan karakteristiknya dalam sistem penyimpanan. Sumber daya manusia dari bagian makanan dan minuman harus memiliki keahlian, dituntut untuk dapat menekan biaya pada seksi masing-masing. Hasil dari penerapan strategi pengendalian biaya bahan makanan dan bahan minuman di Hotel Nikko Jakarta adalah sebagai berikut : Perputaran persediaan makanan = 0,92 x 30 adalah 27,6 hari, dari anggaran 30 hari, jadi 2,4 di bawah anggaran, perputaran persediaan minuman = 1,76 x 30 adalah 52,8 hari, dari anggaran 60 hari, di bawah anggaran 7,2 hari, rata rata orang makan per tamu, anggaran Rp. 43.424,-- dicapai Rp. 49.6377,-- di atas anggaran Rp. 6.213,--, rasio biaya biaya makana = 33,9 % dari anggaran 35 %, di bawah anggaran 1,1 %, rasio biaya minuman = 22,44 % dari anggaran 25 %, jadi di bawah anggaran 2,56 %, rasio biaya karyawan = 19,75 % dari anggaran 24 %, di bawah anggaran 4,25 %, rasio laba departemen = 33,7 % dari anggaran 28,6 % adalah di bawah anggaran 5,1 %.Kata kunci : Strategi Pengendalian Biaya, Biaya Bahan Makanan dan Bahan Minuman, Produktivitas
Pendekatan Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Mobil Tjipto Djuhartono; Hugo Aries Suprapto; Dhona Shahreza
Sosio e-Kons Vol 9, No 2 (2017): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.454 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v9i2.1940

Abstract

ABSTRACT This study aimed to determine the effect of service quality service to customer satisfaction. The design used in this study is customer satisfaction in independent solar car repair business. This study uses quantitative techniques with descriptive methods. The population in this study is the customer self-service solar car in Cilandak Timur Sunday Market which came to menservice vehicle car which in one month amounted to 110 customers. The research sample as many as 25 customers were taken randomly from October 206 s.d November 2016 .. hiptesis testing technique using prerequisite test and homogeneity test. The results of data processing, the Sig. 0028 <0:05 so Ho rejected. These results indicate that the quality of service of service gives a significant effect on customer satisfaction.Keywords : Service quality; Customer satisfactionABSTRAK Penelitian ini didasari oleh tidak adanya Standar Operasional Prosedur dan ingin melihat pengaruh kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif , regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah  pelanggan mobil surya mandiri service di Cilandak Timur Pasar Minggu yang datang untuk memperbaiki kendaraan mobilnya yang dalam satu bulan berjumlah 110 pelanggan. Sampel penelitian sebanyak 25 pelanggan yang diambil secara acak dari  Oktober 2016 s.d November 2016.. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji prasyarat: uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengolahan data, nilai Sig. 0.028<0.05 jadi Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan service memberi pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan
Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Upaya Mengurangi Tingkat Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional Nina Mardiana
Sosio e-Kons Vol 9, No 2 (2017): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.995 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v9i2.1945

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to analyze how to lead counseling and guiding teacher in order to minimize anxiously student level in national final test at the Tangerang Nusantara I Senior  High School, The Goals of this research was to find out counseling and guiding program in order how to anxious overcome in implementing the national final test. Researches used qualitative research methods-descriptive while collecting data using primary data through field research, and the instrument or means of collecting data in the form of questionnaires through Probability  Sampling techniques to select the Simple Random Sampling, meaning simple random sampling to 124 grade XII students. Based on the analysis, it can be argued that conclusions lead counseling and guiding teacher to minimize student level in implementing national final test is an adequate categoryKeywords: Guiding and Counseling, Anxious, National Final TestABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam upaya mengurangi tingkat Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Akhir Nasional dilingkungan SMA Nusantara I Kota Tangerang. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui program bimbingan dan konseling  dalam upaya mengatasi  kecemasan pada saat melaksanakan Ujian Akhir Nasional. Peneliti  menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data adalah guru Bimbingan dan Konseling, dan siswa siswi sebagai data  primer, SMA Nusantara I Kota Tangerang melalui teknik pengambilan sampel Probability Sampling dengan memilih Simple Random Sampling, yaitu  pengambilan sampel sederhana secara acak kepada siswa kelas XII IPA dan IPS yang berjumlah 124 siswa. Instrument atau alat pengumpul datanya berupa angket, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Teknik analisis data angket dilakukan dengan cara menstabulasikan data jawaban siswa, kemudian diinterpretasikan  yang akan disimpulkan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Peranan Guru Bimbingan dan Konseling  dalam upaya mengurangi tingkat kecemasan siswa pada saat melaksanakan Ujian Akhir Nasional di SMA Nusantara I Tangerang –Banten termasuk dalam kategori cukup.Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Cemas, Ujian Akhir Nasional 

Page 1 of 1 | Total Record : 10